Jangan meremehkan Stress dan Ketegangan bisa berbahaya dalam jangka waktu yang panjang.

Dalam pengertian sederhananya stres ialah suatu kondisi atau keadaan dari luar yang menuntut respon –baik fisik maupun psikologis– dari seseorang. Jadi, stres itu sendiri bukanlah sebuah gangguan kejiwaan. Hal ini adalah suatu yang normal terjadi pada setiap manusia, baik itu dewasa maupun anak-anak.

  1. Kehidupan modern sering penuh dengan stres. Stress terbagi 2 bagian:
    1. Stres yang baik, yang dikenal sebagai “Eustress” membantu dan menguatkan kita untuk mencapai tujuan nyata. Eustress memberikan efek menyenangkan (termotivasi, menikmati tantangan, dsb) 
  2. Di sisi lain, ada juga tekanan buruk, yang disebut “Distress”, memberikan efek tertekan (merasa terbebani, tidak nyaman, dsb) bagi pelakunya yang bisa berbahaya dalam jangka panjang.

Etika kita menghadapi kedua jenis stres dalam kehidupan kita sehari-hari, tubuh kita merespons dengan mengeluarkan hormon yang disebut kortisol. Kortisol berguna untuk membantu kita bereaksi terhadap stres sementara, seperti stres yang disebabkan oleh tenggat waktu. Tetapi para ilmuwan mengatakan bahwa terlalu banyak kortisol dapat menyebabkan penambahan berat badan, emosi negatif, ketidaknyamanan sendi, dan banyak lagi.

Published by MinyakDokter.com

Berbagi pengalaman merawat dan mengatasi keluhan kesehatan dengan cara alami.